Aku Cinta Produk Indonesia
100% Cinta Indonesia adalah
kampanye untuk mempromosikan merek dan produk Indonesia yang
diluncurkan tahun 2009. Meskipun pada awalnya kampanye ini awalnya bertujuan
untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia dan mempromosikan produk dan
merek Indonesia, pada perkembangannya kampanye ini tumbuh menjadi gerakan
sosial masyarakat untuk menumbuhkan apresiasi dan rasa cinta kepada segala hal
mengenai Indonesia, bukan hanya merek atau produk, tetapi termasuk makanan,
kesenian, kerajinan tangan dan seni kriya, serta budaya Indonesia baik budaya
tradisional maupun populer, serta banyak aspek mengenai Indonesia.
Sejarah
Kampanye ini diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik
Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,
bertujuan untuk mengubah pandangan rakyat Indonesia yang selama ini menganggap
produk impor berkualitas lebih baik daripada produk Indonesia.
Kampanye "Cinta Indonesia" dan peluncuran logo ”100% Cinta Indonesia”
diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada
pembukaan pameran kerajinan Inacraft di Jakarta Convention Center, Rabu, 22
April 2009.
Menurut presiden kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan
kebanggaan menggunakan produk buatan Indonesia. Segala perusahaan, produk, dan
merek dalam negeri didorong partisipasinya untuk mencantumkan logo ”100% Cinta
Indonesia” pada kemasan porduknya, iklan atau materi promosi. Logo ini bebas
digunakan oleh berbagai perusahaan atau pribadi Indonesia, meskipun berasal dan
milik pemerintah Indonesia, logo ini dianggap sebagai ranah publik.
Logo dan Slogan
Makna "100% Cinta Indonesia" campaign logo:
·
Warna-warni yang ada pada logo merepresentasikan warna dari laut
dan bumi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Warna merah putih mewakili
bendera Indonesia. Merah berarti berani dan putih berarti suci.
·
Warna-warni yang ada pada logo juga merefleksikan keragaman
kreatifitas bangsa Indonesia. Bayangkan betapa warna-warninya isi hidup kita.
Ia mengingatkan betapa kayanya kita. Betapa kuatnya kreativitas kita.
·
Mengapa hurufnya seolah ‘terpotong'? Hal ini menunjukkan bahwa
kreativitas bangsa Indonesia mampu ‘tampil' melampaui batas. Ia peng-iya-an...
juga ekspresi tekad bersama dan dukungan kepada sesama dalam kesadaran kolektif
membangun identitas Indonesia sebagai Bangsa Kreatif.
·
Logo ini memiliki makna yang mudah dimengerti oleh berbagai
bangsa. Logo ini adalah penunjuk, pengingat dan penyadar bahwa kita pantas maju
sebagai Bangsa Kreatif.
Makna ACI Untuk Dunia Internasional: Kami ingin menyatakan pada dunia
bahwa karya rupa cipta Indonesia dibuat dengan seratus persen cinta kami
sebagai orang Indonesia. Apa yang dibeli, apa yang dikenakan, apa yang dinikmati,
apa yang dipajang adalah refleksi diri dari rasa menghargai budaya, paham pakem
tradisi dan tentunya bukti cinta tanpa syarat kepada tanah air. Semua 'jadi'
atas nama cinta, yang akan abadi.
Makna ACI Untuk Domestik:
Ekspresi tekad bersama dan dukungan kepada sesama dalam kesadaran kolektif
membangun identitas Indonesia sebagai bangsa kreatif. Cinta kami seratus persen
pada Indonesia hadir absolut tanpa tanda tanya. Semua tergambar jelas ketika
kami memakai, mencecap, menggenggam, menciptakan apa lagi yang harus diragukan.
Di hati kami hanya ada indonesia.
Jadi, Kita sebagai bangsa Indonesia harus bisa mencintai produk Indonesia sehingga produk Indonesia bisa menjadi standard yang baik disekitar khususnya untuk Indonesia.
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/100%25_Cinta_Indonesia
sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/100%25_Cinta_Indonesia
Komentar
Posting Komentar